Artikel Penting Seputar Kesehatan

10 MANFAAT LUAR BIASA DAUN KELOR UNTUK KESEHATAN

10 MANFAAT LUAR BIASA DAUN KELOR UNTUK KESEHATAN

Banyak orang yang belum mengetahui manfaat daun kelor. Ternyata daun kelor memiliki kandungan yang baik seperti tanaman apotik hidup. Pada prinsipnya, memang pada tanaman herbal initerkandung senyawa-senyawa yang menutrisi tubuh. Teh yang dibuat dari daun kelor mengandung polyphenol yang tinggi dan dapat bekerja sebagai antioksidan. Manfaat antioksidan ini akan dapat mendetoksifikasi tubuh manusia. Bahkan dapat mendukung untuk memperkuat system kekebalan tubuh manusia. Kesehatan kulit juga dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi the daun kelor ini secara teratur.
Berikut ini beberapa manfaat daun kelor yang dikonsumsi sebagai the
1. Membantu Sistem Pencernaan – Daun kelor membantu pencernaan makanan yang merupakan bantuan yang tepat terhadap masalah perut.
2. Penurunan Berat badan – Tren orang modern saat ini adalah agar tubuh tetap ramping dan langsing. Oleh sebab itu, untuk menjadi langsing, seseorang bisa mencoba cara yang lebih sehat. Studi mencerminkan bahwa teh kelor sangat membantu untuk menangani masalah pencernaan. Efeknya merangsang metabolism tubuh untuk lebih membantu tubuh membakar kalori dengan lebih cepat karena teh kelor juga diserap ke dalam usus.

3. Menyediakan energy bagi tubuh – Secangkir teh daun kelor setiap hari bisa menguatkan bagian tubuh untuk tetap aktif sepanjang sepanjang hari. Tubuh akan secara otomatis terasa baik dan berenergi dari sebelumnya.
4. Menyediakan nutrisi yang cukup – Selain sebagai minuman bergizi tinggi untuk seluruh tubuh, teh daun kelor juga mempunyai peran penting dalam memelihara otak dan mata. Gizi otak dapat membantu dalam mengambil keputusan yang tepat bahkan pada situasi sangat sulit.
5. Meningkatkan Fungsi Ekskresi secara optimal – Seduhan teh daun kelor dapat  membantu fungsi ginjal dan hati. Tubuh diterasa bugar dan sehat jika fungsi pembuangan limbah berjalan normal.
6. Menyehatkan Rambut -Pertumbuhan rambut menjadi hidup, sehat, mengkilap, mengkilap dengan suplai nutrisi yang tepat. Nutrisi hadir dalam teh ini untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.
Teh daun kelor ini bisa disiapkan dengan mudah di rumah. Dipilih daunnya sudah tua dari cabang-cabangnya. Daun hijau dipilih bukan yang kuning. Lalu, pilihlah daun segar terbaik dari kotorannya. Selanjutnya, daun kelor dikeringkan di udara terbuka. Tetapi, pengeringan dengan sinar matahari langsung tidak dianjurkan karena mengurangi kekuatan nutrisi di dalamnya. Lalu, daun teh kelor yang kering, ditumbuk dan dapat disimpan.
Tanaman kelor sangat berguna dan tumbuh di daerah beriklim tropis di seluruh dunia. Daun kelor tidak hanya bisa dijadikan the, tetapi dapat dimakan mirip seperti manfaat bayam.
7. Sakit Jantung
Sebuah penelitian pada hewan di laboratorium yang diterbitkan dalam edisi Februari 2009 dari “Journal of Medicinal Food” ditemukan bahwa daun kelor mencegah kerusakan jantung dan memberikan manfaat antioksidan. Dalam penelitian tersebut, pemberian dosis 200 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari penuh, menghasilkan tingkat lebih rendah dari lipid teroksidasi dan jaringan jantung dilindungi dari kerusakan struktural. Para peneliti tersebut menyimpulkan bahwa daun kelor dapat menawarkan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan jantung.
8. Sifat Anti Diabetes
Sifat anti diabetes dari daun kelor terdapat pada tingginya seng yaitu mineral yang diperlukan untuk produksi insulin, menurut University of Wiconsin LaCrosse. Para peneliti tersebut menyimpulkan bahwa penyembuhan menunjukkan kerja yang akurat tentang penyebab diabetes dan pendekatan dasar yang dibutuhkan untuk mengobati penyakit. Dalam penelitian pada hewan di laboratorium yang diterbitkan dalam edisi Juni 2012 dari “Journal of Diabetes,” setiap 150 miligram per kilogram daun kelor yang dikonsumsi selama 21 hari, dapat diberikan manfaat anti diabetes yang signifikan.

9. Bantuan Penyakit Arthritis
Daun kelor bisat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit beberapa bentuk arthritis, menurut sebuah penelitian yang muncul pada edisi Februari 2011 dari “Journal of Chinese Integrative Medicine.” Dalam penelitian pada hewan di laboratorium, ekstrak daun dan akan kelor mengurangi kepekaan terhadap rangsangan yang menyakitkan pada sendi rematik. Para peneliti tersebut juga menyatat bahwa kombinasi akar dan ekstrak daun mempunyai “efek sinergis” untuk mengurangi rasa sakit.
10. Anti Kanker
Manfaat anti kanker pada ekstrak daun kelor ini, sudah ditunjukkan dalam penelitiani kultur jaringan sel kanker serviks manusia yang diterbitkan dalam edisi Juni 2011 jurnal “Food and Chemical Toxicology.” Ekstrak kelor mendukung kematian sel  kanker secara dini, mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Peneliti terkemuka menyimpulkan bahwa daun kelor mempunyai potensi sebagai pencegahan alami.
Sumber: www.manfaat.co.id



Tag : Info
0 Komentar untuk "10 MANFAAT LUAR BIASA DAUN KELOR UNTUK KESEHATAN"

Back To Top