Artikel Penting Seputar Kesehatan

INFO PENTING MENGENALI GEJALA STROKE

INFO PENTING MENGENALI GEJALA STROKE


Dalam suatu pesta, seorang teman (X) Vera tiba-tiba tersandung dan jatuh. Ia meyakinkan semua orang bahwa dia baik-baik saja. Ia hanya tersandung batu karena sepatu barunya.
Vera dan suami tetap hadir di pesta itu sepanjang malam. Beberapa waktu kemudian, suaminya menelpon bahwa isterinya di bawa ke rumah sakit dan jam 6 pagi meninggal.
Ia terkena serangan stroke saat pesta. Kalau saja di antara mereka ada yg tahu bagaimana mengenali stroke, kemungkinan Vera masih bisa hidup.
Seorang Neurolog menyatakan bahwa penderita stroke dalam 3 jam pertama serangan dapat sembuh total sama sekali jika dengan cepat dapat mengenali gejala, mendiagnosa dan membawa pasien untu pengobatan ahli (dokter) sesegera mungkin. Jangan lewat dari 3 jam karena dapat terjadi kerusakan permanen.
CARA MENGENALI STROKE
Cara Menghafal :
Cara dokter menyatakan orang terdekat dapat mengenali stroke dengan menanyakan 3 pertanyaan sederhana. Ingat 3 Langkah "S T R", yaitu :
S: SMILE
Minta penderita untuk tersenyum. Kalau pipi miring, maka ada kelumpuhan saraf.
T: TALK
Minta orang tersebut utk berbicara kalimat singkat, misalkan: Hari ini cerah atau apa saja. Kalau omongannya pelo, ini gejala stroke.
R: Minta dia untuk RAISE BOTH ARMS (Mengangkat Kedua Lengan). Kalau tidak bisa mengangkat tangannya berarti ada kelumpuhan akibat stroke.
Jika ada salah satu gangguan dalam melakukan STR ini, segera panggil ambulans & ceritakan keadaan ini kepada petugas.
Cara lain untuk mengenali stroke adalah: Minta orang tersebut menjulurkan lidahnya. Jika "bengkok" menyimpang ke satu arah, ini juga merupakan suatu tanda dari stroke.
Jika Anda dapat mengshare / membagikantulisan ini kepada sedikitnya 10 orang, maka paling tidak ada 1 nyawa yang dapat diselamatkan. Percayalah ini akan bekerja baik menolong seseorang. Tak ada yg tahu seseorang akan terkena stroke suatu hari nanti.
Jadikan ini pengetahuan untuk sesuatu yang bermanfaat bagi kita semua.
Sumber: WA


Tag : Info
0 Komentar untuk "INFO PENTING MENGENALI GEJALA STROKE"

Back To Top